ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN NIRKABEL (WLAN) STUDI KASUS DI JOGJAKARTA MONTESSORI SCHOOL MENGGUNAKAN METODOLOGI PPDIOO

Muhammad Faisal Fahlepi, Edhy Sutanta, Catur Iswahyudi

Sari


Jogjakarta Montessori School membutuhkan teknologi jaringan yang dapat membantu dalam sharing data dan akses internet yang handal. Hal terebut dibutuhkan untuk membantu staf pengajar dalam mencari bahan ajar sehingga dapat mempersiapkan proses belajar mengajar yang lebih menarik dan tidak membosankan.
Penelitian ini bertujuan membangun suatu sistem jaringan komputer di Jogja Metosori School (JMS) berbasis wireless sehingga memudahkan para staf dapat terkoneksi baik dengan jaringan internet dan data storage. Analisis dan perancangan jaringan wireless LAN dilakukan mengunakan Mikrotik board dan winbox. Sedangkan konfigurasi pengamanan jarignan menggunakan firewall. Selain dari itu, penelitian ini juga melakukan alokasi bandwidth sehingga koneksi internet dapat digunakan dengan maksimal.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu berupa perencangan jaringan komputer berbasis wirelesss yang ditempatkan di empat lantai gedung JMS. Sistem jaringan wireless yang diterapkan menggunakan Mikrotik Routerboard versi 2011 dengan dukungan internet berbasis wireless bandwidth 2048 Kbps tipe koneksi dedicated 1:1. Jaringan terhubung dengan beberapa komputer desktop dan notebook untuk para staf manajemen dan pengajar.
Kata kunci: Analisis, Perancangan, Jaringan,Wireless,Jogja Metosori School


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.