SISTEM ROTARI SECURITY PADA BRANKAS MENGGUNAKAN ACCELEROMETER

Maulan Subhan, Samuel Kristiyana, Wiwik Hadajadi

Sari


Dalam dunia modern dewasa ini, perkembangan teknologi telah mendesak kehidupan manusia kepada hal yang bersifat otomatis, efektif dan efisien. Otomatisasi di segala bidang dapat membantu dan mengefisienkan waktu dan tenaga yang diperlukan untuk melakukan suatu pekerjaan, sehingga menggeser pengoperasian manual ke arah otomatis. Begitu pula dalam sistem pengaman, sehingga timbul suatu ide inofatif bagaimana caranya kita bisa membuat suatu pengunci brankas otomatis menggunakan password yang bisa memberikan keamanan yang lebih baik. Otomasi kunci brankas dapat dirancang dengan alat pengendali elektronik berbasis mikrokontroler yang di gabungkan dengan sensor accelerometer dengan rancangan bentuk mekanik yang dimodifikasi untuk aplikasi secara khusus, sehingga penguncian hanya cukup dengan menggunakan password yang dirahasiakan dan dapat diubah-ubah sesuai kehendak penggunanya, dengan demikian akan memberi kemudahan bagi pemilik brankas karena yang perlu dilakukan hanya merahasiakan password saja. Selain itu, jika masih khawatir password dapat ditiru, maka password dapat diubah sesuai keinginan penggunanya, sehingga dengan demikian diharapkan akan meningkatkan keamanan brankas tersebut.

Dalam sistem kinerja pada brankas dibutuhkannya power supply, sehingga dibutuhkan supply cadangan ketika listrik padam. Dengan pemanfaatan battery sebagai supply cadangan, efektif untuk kinerja  pada brankas agar sistem dapat berjalan dengan baik.

 

Kata Kunci: Kunci Otomatis, Password, Accelerometer, Mikrokontroler, Brankas, Power Supply, Battery.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Elektrikal by Institut Sains & Teknologi AKPRIND is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL TEKNOLOGI
website: http://journal.akprind.ac.id/
online system: http://journal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal
Phone: +62 (274)  563029 ext 119
Fax    : +62 (274)