PENGATURAN TIMER KONVEYOR PADA ALAT PENCEGAH PERTUMBUHAN BAKTERI BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535

Fadhillah Hazrina, Syafriudin -, Subandi -

Sari


Efek akut akibat efek sinar UV dari lampu UV dengan rentang panjang gelombang tersebut dapat merusak pigmen kulit dan parahnya dapat mengakibatkan kanker kulit (untuk kontak langsung secara terus menerus). Eksposur mata terhadap radiasi sinar UV secara langsung dapat mengakibatkan peradangan pada kornea, gangguan permanen pada penglihatan, fatalnya dapat menyebabkan kebutaan karena merusak retina mata. Efek kronik lainnya dari sinar UV dapat menyebabkan penuaan, imunosupresi, dan fotokarsinogenesis. Dampak tersebut dapat dihindari dengan membuat sebuah pengendali waktu secara otomatis agar kegiatan yang sifatnya berkontak langsung dengan paparan sinar UV dari lampu UV dapat diminimalisir sekecil mungkin.

ATMega8535 merupakan salah satu mikrokontroler yang memiliki banyak kegunaan dilihat dari fasilitas yang dimilikinya. Sensor yang digunakan adalah sensor photodiode yang dapat mendeteksi keberadaan objek di depannya dengan indikator ada dan tidak adanya cahaya yang diterimanya dari LED. Korelasi antara timer, sensor, lampu UV, dan conveyor diekseskusi dalam software yang dibuat. Pembuatan software menggunakan bahasa CAVR. Mekanisme sistem ini sangat bergantung dari sensor photodiode yang akan mempengaruhi otomatisasi dari timer, lampu UV, dan konveyor.

Kata Kunci : Timer, ATMega8535, Sensor Photodiode


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Elektrikal by Institut Sains & Teknologi AKPRIND is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL TEKNOLOGI
website: http://journal.akprind.ac.id/
online system: http://journal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal
Phone: +62 (274)  563029 ext 119
Fax    : +62 (274)