ANALISIS KESEIMBANGAN DAN KONFIGURASI BEBAN SISTEM DISTRIBUSI 20 KV DENGAN MENGGUNAKAN ETAP 7.0.0 (STUDI KASUS GARDU INDUK WIROBRAJAN FEEDER 3)

Veryanto Sadewa, Syafriyudin -, Slamet Hani

Sari


Rugi-rugi (looses) pada sistem distribusi tenaga listrik merupakan salah satu parameter yang selalu diusahakan untuk diminimalkan. Sebagian dari rugi-rugi yang tinggi terjadi di sisi distribusi pada jaringan tegangan menengah ditimbulkan oleh ketidakseimbangan beban antar fase pada jaringan tegangan menengah. Ketidakseimbangan beban tersebut sangat mungkin terjadi pada cabang jaringan tegangan menengah tiga fase dan cabang-cabang jaringan tegangan menengah satu fase.

Dalam penelitian ini diungkap permasalahan pada feeder wirobrajan 03 yang memiliki ketidakseimbangan lebih dari 25%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pemindahan beban dari penghantar yang memiliki beban berat ke penghantaryang memiliki beban teringan secara bertahap, dimulai dari ujung menuju kepangkal penyulang utama.perhitungan dilakukan dengan program ETAP 7.0.0. hal tersebut bertujuan agar didapatkan keseimbangan beban yang optimal dalam feeder wirobrajan 3.

Hasil simulasi setelah dilakukan penyeimbangan didapat ketidakseimbangan bebannya semakin kecil, yaitu terjadi penurunan 33,04 %.

Kata kunci : Aliran beban, saluran distribusi, Konfigurasi, ETAP Powerstation.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Elektrikal by Institut Sains & Teknologi AKPRIND is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL TEKNOLOGI
website: http://journal.akprind.ac.id/
online system: http://journal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal
Phone: +62 (274)  563029 ext 119
Fax    : +62 (274)