Pengujian Tegangan Tembus dan Tegangan Kritis pada Kabel NYFGbY Tegangan Rendah 4x16 mm2

Hery Kurniawan, Prastyono Eko Pambudi, Slamet Hani

Sari


Bahwa kabel NYFGbY adalah kabel yang biasanya digunakan di bawah tanah ataupun dalam gedung untuk tegangan rendah (low voltage) yang tidak boleh dialiri arus atau tegangan yang berlebihan secara terus menerus, nilai tegangan yang diprbolehkan dialiri oleh kabel adalah sesuai dengan yang tertera pada kode tegangan penggenal kabel itu sendiri. Kabel NYFGbY adalah kabel yang dilengkapi dengan perisai baja agar tidak merusak kabel secara langsung akibat dari benturan benda keras. Dengan mengetahui jenis dan fungsi kabel maka penggunaan kabel tersebut dapat dimaksimalkan sehingga kabel yang digunakan diperuntukan pada kebutuhannya seperti pada perkotaan dan saluran yang sering terjadi kerusakan saluran listrik karena penggunaan kabel tanah sudah lebih baik demi kerapian tatanan kota dari kabel-kabel yang digunakan pada saluran-saluran listrik khususnya saluran listrik bawah tanah. 

Dengan melakukan pengujian tegangan tembus maka kita dapat mengetahui kemapuan dari kabel tersebut agar tidak melebihi dari kemampuan sebenarnya dibanding dengan nilai pengenalnya, sehingga dapat mengetahui umur pakai dan karakteristik dari kabel tersebut.

Dari hasil pengujian yang saya lakukan pada pengujian tegangan gagal pada kabel SPLN 43-2 / IEC 60502-1 KABELINDO NYFGBY 4x16 mm2 rm 0.6/1.2 kV (SNI) berselubung PVC dengan tegangan pengenal 0.6/1.2 kV, tegangan yang paling tinggi dengan waktu tercepat sebesar 41 kV, dan untuk pengujian dengan waktu hingga 300 detik besar tegangan yang mampu ditahan isolasi adalah 32,95 kV. Bahwa kabel tersebut mampu menahan tegangan yang lebih besar dari nilai yang ditetapkan oleh SPLN.

 

Kata Kunci : Kabel, NYFGbY, Tegangan Tembus, Arus Bocor.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Elektrikal by Institut Sains & Teknologi AKPRIND is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL TEKNOLOGI
website: http://journal.akprind.ac.id/
online system: http://journal.akprind.ac.id/index.php/elektrikal
Phone: +62 (274)  563029 ext 119
Fax    : +62 (274)