OPTIMASI BIAYA DISTRIBUSI AIR DI PDAM KABUPATEN BANTUL MENGGUNAKAN METODE SUDUT BARAT LAUT DENGAN SIMULASI SOFTWARE R SEBAGAI PENGUJI OPTIMALITAS MODIFIED DISTRIBUTION

Dyah Ariani Widianingsih, Rokhana Dwi Bekti

Sari


Peningkatan jumlah penduduk yang pesat  mempengaruhi jumlah kebutuhan air bersih pada setiap rumah. Perkembangan ekonomi melalui pembangunan juga menjadi sorotan karena semakin banyaknya perumahan yang didirikan oleh pengusaha akan menimbulkan kekurangan air tanah karena akan membuat resapan air yang tidak maksimal. Selain itu  pembuangan sampah disungai dan penggunaan air tanah yang berlebihan oleh industri yang ada di Bantul dapat mengakibatkan krisis air bersih. Krisi air tersebut menyebabkan kebutuhan air bersih semakin meningkat, namun ketersediaan air bersih di alam semakin berkurang. Dalam memenuhi kebutuhan air bersih baik untuk umum maupun industri dibutuhkan suatu badan usaha yang mengelola guna memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Kabupaten Bantul. Pada penelitian ini akan dilakukan peminimalan biaya distribusi air bersih PDAM Kabupaten Bantul dengan metode transportasi  yaitu sudut barat laut. Berdasarkan hasil perhitungan kebutuhan air yang tidak terpenuhi yaitu sebesar 315,72 m3 / hari. Pada pengujian optimalitas biaya distribusi dengan solusi awal metode sudut barat laut diketahui bahwa hasil total biaya distribusi dengan menerapkan metode modi belum mencapai nilai total biaya yang optimal. Pada pengujian optimalitas nilai indeks perbaikan pada sel non basis masih terdapat nilai negatif, sehingga dilanjutkan dengan merevisi tabel. Berdasarkan perhitungan, revisi mencapai solusi optimal pada revisi tabel ke 5 dengan nilai minimum biaya yang diperoleh sebesar Rp. 7.881.224,00.

Kata kunci: optimalisasi biaya, metode transportasi, Modified Distribution, software R


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminudin, 2005, Prinsip- prinsip Riset Operasi, Jakarta, Erlangga.

Nelwan. C, Kekenusa. S. J, dan Langi. Y, 2013, Optimasi Pendistribusian Air Dengan Menggunakan Metode Least Cost Dan Metode Modified Distribution (Studi Kasus: PDAM Kabupaten Minahasa Utara), Jurnal Ilmiah Sains Universitas Sam Ratulangi Vol. 13, No. 1.

Siswanto, 2007, Operations Research Jilid 2, Jakarta, Erlangga.

George. O. A, Vitus. O, Jude. O, Anderson. C. N, dan Andrew. I. I, 2014, Paradox Algorithm in Application of a Linear Transportation Problem, American Journal of Applied Mathematics and Statistics, 2014, Vol. 2, No. 1, 10-15

Dimyati. T. T dan Dimyati. A, 2013, Operations Research Model-model Pengambilan Keputusa, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Mulyono. S, 2007, Riset Operasi, Jakarta, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.