ANALISIS JALUR TERHADAP FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA

Dody Rifai Deny Boy Sihite, Noviana Pratiwi

Sari


Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah ukuran kemampuan mahasiswa sampai pada periode tertentu yang dihitung berdasarkan jumlah SKS yang telah ditempuh. IPK dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat digambarkan dengan model analisis jalur. Faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi IPK antara lain uang saku, usia, banyak organisasi, lama internet, lama belajar. Analisis jalur merupakan pengembangan dari regresi berganda yang variabel bebasnya tidak hanya mempengaruhi variabel tergantung secara langsung tetapi juga dapat mempengaruhi secara tidak langsung. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Tujuan penelitian ini untuk melihat faktor faktor yang mempengaruhi IPK secara signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung. Objek penelitian ini adalah mahasiswa jenjang S1 angkatan 2014 Institut Sains dan Teknologi AKPRIND. Berdasarkan hasil pembahasan faktor-faktor yang mempengaruhi IPK diperoleh adalah lama belajar dan lama penggunaan internet. Faktor yang memiliki pengaruh negatif terhadap IPK adalah variabel lama penggunaan internet dengan pengaruh langsung sebesar –0,213 dan pengaruh tak langsung mendekati 0,000. Total pengaruh penggunaan internet terhadap IPK adalah -0,213. Faktor yang memiliki pengaruh positif terhadap IPK adalah faktor lama belajar dengan pengaruh langsung sebesar 0,147 dan pengaruh tidak langsung mendekati 0,000. sehingga total pengaruh lama belajar terhadap IPK adalah 0,147.

Kata Kunci: IPK, Analisis jalur, Pengaruh langsung, Pengaruh tak langsung

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiningrum, Y, 2015, Analisis Jalur Model Trimming untuk Mengetahui Faktor Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa, Universitas Malang, Malang.

Al Rasyid, H, 1994, Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala, Program Pasca Sarjana Universitas Padjajaran, Bandung.

Ardini, L, 2009, Analisis Jalur Gaya Kepemimpinan, Tingkat Penghargaan dan Kondisi Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pabrik Karung Rosella Baru PTPN XI, STIESIA, Surabaya.

Connover, WJ, 1989, Practical Nonparametric Statistics, Kansas State University, Amerika.

Dillon, WR, 1984, Multivariate Analysis Methods an Applications, John Willey & Sons Inc, New York.

Gujarati, D, 2007, Ekonometrika Dasar, Erlangga, Jakarta.

Hakam, M, 2015, Analisis Jalur terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi IndeksPrestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Statistika UNDIP, Universitas Diponegoro, Semarang.

Kerlinger, FN, and Pedhazur, EJ, 1973, Multiple Regression in Behavioral Research, Newyork University, Newyork.

Novitas, A, 2016, Analisis Jalur Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Angka Kematian Ibu Di Jawa Timur, Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum, Jombang.

Purwanto, MN, 2002, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, P Remaja Rosdakarya, Bandung.

Purwanto, N, 1990, Psikologi Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Jakarta.

Rapha, E, 2016, Analisis Jalur Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Desain Website Terhadap Minat Beli Ulang, Dengan Ecommerce Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Pada Produk E’chick Secara Online, Universitas Ciputra, Surabaya.

Rutherford, RD, 1993, Statistical Model For Causal Analysis, John Wiley & Sons Inc, New York, Newyork.

Sarwono, J, 2012, Path Analysis dengan SPSS: Teori, Aplikasi, Prosedur Analisis untuk Riset Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Alex Media Komputido, Jakarta.

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Supranto, J, 2004, Ekonometri Buku Kesatu, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Supranto, J, 2005, Ekonometri Buku Kedua, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Timm, NH, 2002, Applied Multivariate Analysis, Springer-Verlag New York Inc, Newyork.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.